Qiraah Asyura Sebagai Spirit Ibadah di Hari Penuh Berkah


Oleh : Anas Shoobiriin 

Tarim (07/08/2022), Bulan Muharam merupakan salah satu di antara bulan yang mendapat predikat istimewa sebagai Al-Asyhur Al-Hurum (bulan-bulan mulia) selain Zulkaidah, Zulhijah, dan Rajab. Bahkan dalam sebuah Hadis riwayat Imam Muslim dijelaskan bahwa bulan Muharam merupakan bulannya Allah Swt.

Sebagai salah satu bulan mulia, tentunya terdapat berbagai amaliyah sunah yang bisa dilakukan oleh kaum muslimin, salah satunya adalah puasa yang termasuk di dalamnya adalah puasa Tasu’a (hari kesembilan Muharam) dan puasa Asyura (hari kesepuluh).

Dalam rangka meningkatkan ketakwaan di bulan yang penuh berkah ini, Masjid Baa'alawi mengadakan kegiatan Qiraah Asyura (Pembacaan seputar hari Asyura), yang bertepatan pada malam Senin, 7 agustus 2022, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang telah diselenggarakan setiap tahunnya.

Acara yang dimulai setelah salat Isya tersebut dipimpin langsung oleh Al-Habib Hasan bin Hamid Baa'alawi yang diisi dengan pembacaan berbagai keistimewaan, keutamaan, serta faedah yang berkaitan dengan hari Asyura berdasarkan hadis-hadis Nabi dan kalam-kalam ulama as-shalihin.

Diantara faedah-faedah yang beliau sampaikan adalah: Barang siapa yang berpuasa di hari Asyura, maka seakan-akan ia berpuasa selama satu tahun; Barang siapa yang malam harinya dijalani dengan ibadah maka ia akan mendapat ganjaran yang luar biasa dan pemberian yang melimpah.

Beliau juga melanjutkan, "Beruntung sekali bagi orang yang melakukan amal saleh di hari yang menggembirakan ini maka akan diterima segala kebaikannya, diampuni segala dosa dan kesalahnnya, dan kelak menghadap kepada Tuhannya dengan keadaan sebagai hamba yang saleh."

Acara yang berlangsung selama satu jam tersebut, tampak dihadiri secara antusias oleh para ulama, talibul Ilm, dan ribuan masyarakat Kota Tarim. Acara pun diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Habib Hasan bin Hamid Baa'alawi.

Semoga kita senantiasa diberikan taufik dan hidayah oleh Allah Swt. agar mampu menjalankan berbagai anjuran serta ibadah kepada-Nya di bulan Muharam ini, bulan yang dimuliakan oleh Allah Swt. Aamiin.

==========================


Posting Komentar

0 Komentar