Pesan Cinta di Hari Lahir Baginda


Oleh: Alif Faza Dli'fain

Tarim - Bulan Maulid merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kota Tarim. Berbagai hal dilakukan untuk menyemarakkan hadirnya bulan ini. Termasuk di antaranya adalah Safari Maulid yang tiada habisnya.

Jika pada malam 12 Rabiul Awal telah dilaksanakan Maulid Nabi di Masjid Ba'alwi, kali ini masyarakat Kota Tarim kembali melaksanakan Maulid Nabi di bawah Menara ikonik Tarim, Masjid Muhdhar. Maulid Nabi yang dilaksanakan di masjid ini berlangsung sejak bakda Subuh.

 

Masjid Muhdhar terletak sekitar 15 menit dari gedung Universitas Al-Ahgaff dengan mengendarai motor. Masjid ini terkenal karena menjadi ikon Kota Tarim dengan menara dari tanah liat yang menjulang tinggi.


Antusiasme masyarakat Tarim untuk menghadiri maulid tidak pernah pudar. Terlihat sebelum azan Subuh dikumandangkan pun masyarakat telah memadati area Masjid Muhdhar. Jika terlambat, artinya mereka harus mengikuti rangkaian acara di sepanjang jalan yang ditutup untuk acara ini. Seolah-olah mereka memadati masjid ini karena ingin menyampaikan pesan cintanya masing-masing tepat di hari lahir manusia yang dicintainya.



Semakin dalam rasa cinta itu tertanam, maka semakin dalam pula samudera yang akan diarungi. Bahkan, Imam Al-Bushiri dalam Kasidah Burdah mengatakan:

كالشمس تظهر للعينين من بعد # صغيرة وتكل الطرف من أمم

Artinya: Hakikat kenabian Nabi Muhammad Saw. itu bagaikan matahari yang mampu dilihat dengan kedua mata dari jarak yang sangat jauh, akan tetapi kedua mata tak akan mampu melihatnya dari jarak yang sangat dekat.

 

Semoga kita mampu berkiblat kepada masyarakat Tarim dalam memeriahkan bulan kelahiran Nabi Muhammad Saw. dengan rasa bangga sebagai umatnya. Amin.

===============

Terus dukung dan ikuti perkembangan kami lewat akun media sosial Ahgaff Pos di;
Facebook: facebook.com/AhgaffPos
Instagram: instagram.com/ahgaffpos.official
Youtube: tiny.cc/YoutubeAhgaffPos
Website: www.amiahgaf.com
Medium: medium.com/@ahgaffpos95

Posting Komentar

0 Komentar