Membanggakan, 3 Mahasiswa Indonesia Raih Predikat Cumlaude di Universitas Al-Ahgaff Yaman

 


 Oleh : Hadyan Ahmad @hdyanamd

 Universitas Al-Ahgaff Yaman mengadakan acara Wisuda Fakultas Syariah dan Hukum untuk Mahasiswa Angkatan ke-22. Acara bertempat di Auditorium Universitas Al-Ahgaff Kota Tarim pada hari Kamis 15 Juli 2021 dan dimulai pada pukul 19.00 KSA.



Berbeda dengan di Indonesia yang acara wisuda terpaksa dilakukan secara daring karena wabah COVID-19. Di Negeri Yaman berkat karunia Allah Swt COVID-19 cenderung tidak berkembang dan wisuda bisa dilakukan seperti biasa.


Wisuda kali ini dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Al-Ahgaff, Prof. Habib Abdullah bin Muhammad Baharun; Dekan Fakultas Syariat dan Hukum, Dr. Abdullah Awadh bin Smith; Kepala Program Studi Fikih dan Usul, Dr. Abdurrahman As-Segaf; Kepala Program Studi Hukum, Ust. Arafat Al-Maqdi; Kepala Program Studi Hadis dan Ilmu Hadis, Dr. Segaf Ali Al-Aydrus; serta seluruh civitas akademika Universitas Al-Ahgaff.

 


Dekan Fakultas Syariah dan Hukum memberikan sambutan pertama dengan memberikan ucapan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan strata satu. Beliau juga menganjurkan kepada para wisudawan untuk tidak berhenti dalam menuntut ilmu dan menganjurkan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Sambutan yang kedua disampaikan oleh Rektor Universitas Al-Ahgaff, Prof. Habib Abdullah bin Muhammad Baharun. Dalam Sambutannya, beliau juga mengucapkan selamat atas keberhasilan para wisudawan karena telah berhasil menyelesaikan studi di universitas yang harus ditempuh selama 5 tahun.

 

 

 Beliau juga berpesan kepada wisudawan, "Kita sekarang berada di zaman yang serba cepat dan juga zaman yang penuh perubahan. Permasalahan yang ditanyakan kepada seorang ulama bukanlah permasalahan yang biasa, yang bisa dijawab dengan menukil kalam ulama dari kitab-kitab terdahulu. Akan tetapi yang ditanyakan adalah permasalahan yang mengandung banyak keraguan dan penuh perdebatan, yang mana hal itu membutuhkan kemampuan khusus untuk memberi petunjuk kepada mereka."

 


Mahasiswa yang diwisuda kali ini berjumlah 61 mahasiswa yang berasal dari berbagai negara; seperti Yaman, Indonesia, dan Somalia. Mayoritas mahasiswa berasal dari Indonesia yang berjumlah 44. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia.



Dalam wisuda kali ini, 3 Mahasiswa meraih predikat mumtaz (cumlaude). Mereka semua adalah mahasiswa asal Indonesia. Hal ini merupakan suatu kebanggaan, karena mereka telah berhasil mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional.


Mereka adalah Dzinnun Al-Mishri asal Aceh, Maulana Ibrahim Ritonga asal Medan Sumatera Utara dan Muhammad Maulana Kamal asal Banjarmasin Kalimantan Selatan.

Selain mahasiswa dengan predikat mumtaz, pihak Universitas juga memberikan penghargaan khusus bagi 15 mahasiswa yang berhasil menyelesaikan hafalan 30 juz Al-Qur'an. 8 dari mereka berasal dari Indonesia.

Terlihat raut haru pada setiap wajah para wisudawan karena mereka terpisah dari keluarga tercinta di tanah air.

Selamat bagi para wisudawan yang telah menyelesaikan studinya. Semoga ilmu yang diperoleh, kelak akan bermanfaat di kemudian hari.


===============

Terus dukung dan ikuti perkembangan kami lewat akun media sosial Ahgaff Pos di;
Facebook: facebook.com/AhgaffPos
Instagram: instagram.com/ahgaffpos.official
Youtube: tiny.cc/YoutubeAhgaffPos
Website: amiahgaff.org
Medium: medium.com/@ahgaffpos95

Posting Komentar

0 Komentar