Diklat 10 Hari Pintar Menulis Berakhir, 8 Peserta Sabet Juara dalam Berbagai Genre Kepenulisan

 Oleh: Luthfi Anshari


Mukalla (19/04/21), Ahgaff Pos Mukalla menggelar acara penutupan dari rangkaian Diklat 10 Hari Pintar Menulis. Diklat literasi tersebut dimulai sejak Sabtu (03/04/21) dan dinarasumberi oleh salah satu penulis produktif Universitas Al-Ahgaff yang telah meraih penghargaan dari Al-Madina Production House Tarim, yakni Tgk. Yunalis Abgan, B.Sc, M.A. Acara penutupan ini bertempat di sutuh sakan Bahakim dan berlangsung pada pukul 16.30-18.00 waktu setempat.

Acara ini dihadiri oleh KH. Ashfiyaurrahman, B.Sc, M.A sebagai pembina pelajar Indonesia di Universitas Al-Ahgaff dan dihadiri oleh puluhan peserta diklat dari Universitas Al-Ahgaff serta Ribath Alawiyah.

Acara dimulai dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan beberapa sambutan yang disampaikan oleh Muhammad Syifa Ulhaq selaku ketua pelaksana, Said Umar Mustafa As-Segaf selaku perwakilan dari peserta, Tgk. Yunalis Abgan selaku Narasumber dan yang terakhir sambutan dari KH. Ashfiyaurrahman.

Dalam sambutannya, Kyai Ashfiyaurrahman menjelaskan bahwa kemampuan tulis-menulis merupakan senjata yang harus dimanfaatkan dengan bijak agar bisa menjadi kontribusi dalam kebangkitan umat Islam dan khususnya untuk Universitas Al-Ahgaff. Beliau juga berharap agar ilmu yang telah diperoleh para peserta dalam diklat dapat ditularkan kepada yang lain.

Sementara itu, Tgk. Yunalis Abgan dalam sambutannya juga berharap kepada para peserta agar mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat dan mengembangkannya dengan terjun langsung dalam dunia literasi di berbagai ajang, serta membawa harum nama Universitas Al-Ahgaff di kancah Internasional. "Mulailah! Anda nan memulai, Anda nan akan sampai", ungkapnya saat menutup sambutan.

Selesai sesi sambutan, acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah kepada para peserta terbaik dalam setiap genre kepenulisan. Ini merupakan segmen yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh peserta. Karena selama 10 hari diklat berlangsung, setiap selesai pemaparan materi oleh sang narasumber, diadakan praktik untuk para peserta dalam setiap genrenya. Dan setiap naskah hasil praktik tersebut dinilai oleh pemateri dan diapresiasikan di malam penutupan.

Acara berlangsung khidmat dan berakhir dengan pembacaan doa penutup oleh Habib Muhsin Al-Hasani. Kemudian dilanjutkan dengan buka bersama dan salat Magrib berjamaah.

Berikut daftar 8 peserta terbaik sesuai genre kepenulisan:

1. Reporter Terbaik
Luthfi Anshari: Bangkitkan Semangat Literasi, Ahgaff Pos Mukalla Gelar Diklat 10 Hari Pintar Menulis

2. Cipoer Terbaik
Hafidhuddin Rosyad: Mencari Sanad Keilmuan di Unversitas Al-Ahgaff

3. Opini Terbaik
Muhammad Ali Hadi: Tiga Peran Alumni Al-Ahgaff di Pulau Lombok

4. Esai Terbaik
Muhammad Rezani: Kontradiksi Santri Zaman Dahulu dan Zaman Now

5. Cerpenis Terbaik
Muhammad Syarif: Pohon yang Melupakan Akarnya

6. Biografer Terbaik
Hafidhuddin Rosyad: Mengenal Lebih Dekat Sosok Putra Kebumen

7. Penerjemah Terbaik
Muhammad Rif'at: Kitab Nashaih Diniyah (Imam Al-Haddad)

8. Editor Terbaik
Farid Abidin: Naskah (Ziarah Akbar ke Makam Nabi Hud AS)

Selamat kepada para pemenang!

===============

Terus dukung dan ikuti perkembangan kami lewat akun media sosial Ahgaff Pos di;

Facebook: facebook.com/AhgaffPos
Instagram: instagram.com/ahgaffpos.official
Youtube: tiny.cc/YoutubeAhgaffPos
Website: amiahgaff.org
Medium: medium.com/@ahgaffpos95

Posting Komentar

0 Komentar