52 Mahasiswa Indonesia Diwisuda di Universitas Al-Ahgaff Tarim, Hadhramaut Yaman

Universitas Al-Ahgaff merupakan salah satu universitas ternama yang berada di Tarim, Hadhramaut, Yaman. Pada Kamis (27/08/20) malam lalu, Universitas Al-Ahgaff menggelar wisuda mahasiswa Fakultas Syariah dan Fakultas Syariah dan Hukum angkatan ke-21.


Acara tersebut dihadiri langsung oleh Prof. Dr. Abdullah bin Muhammad Baharun selaku Rektor Universitas Al-Ahgaff, Ustaz Abdullah Awadh bin Smith selaku Dekan Fakultas Syariah dan Hukum dan segenap civitas Universitas Al-Ahgaff serta seluruh mahasiswa dari pelbagai negara.

Wisuda yang digelar di Auditorium utama Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Al-Ahgaff tersebut dimulai setelah salat Magrib berjemaah, pukul 18.45 waktu setempat.

Acara dibuka dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an, pembacaan Hadis Nabawi dan sambutan-sambutan, mulai dari perwakilan para wisudawan, dekan fakultas dan rektor universitas.

Pada wisuda yang mengambil tema “Khirijul yaum, qaadatul ghad (Hari ini lulus, pemimpin untuk masa depan)”, para wisudawan mengenakan pakaian gamis putih, jubah hijau dan peci Alfeya. Prosesi wisuda diikuti oleh 71 wisudawan dari pelbagai negara yang telah menyelesaikan program sarjananya di Fakultas Syariah dan Fakultas Syariah dan Hukum selama 5 tahun. 52 di antaranya berasal dari Indonesia, 4 mahasiswa dari Thailand, 2 mahasiswa dari Somalia dan 13 mahasiswa dari Yaman.


Dekan Fakultas Syariah, Ustadz Abdullah Awadh bin Smith, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikannya selama lima tahun di Al-Ahgaff. Alumnus Irak tersebut pun berharap, agar apa yang didapatkan para wisudawan selama di bangku kuliah dapat menjadi bekal untuk berkiprah di negaranya masing-masing ketika mereka kembali ke kampung halamannya.

Sementara itu, Rektor Universitas Al-Ahgaff, Prof. Al-Habib Abdullah bin Muhammad Baharun juga mengingatkan para wisudawan bahwa mereka sekarang telah memperoleh martabat yang tinggi dengan segala beban yang dipikulnya. "Kalian adalah pemegang panji-panji keilmuan Nabi. Jagalah amanah tersebut! Peganglah amanat tersebut dengan kuat ketika pulang ke negara kalian masing-masing! Jangan jual ilmu yang kalian dapat dengan kefanaan dunia ini", tuturnya.⁣
Acara yang berakhir pukul 21.30 waktu setempat berjalan lancar dan sangat meriah.⁣

Acara ditutup dengan salat Isya berjamaah dan makan malam bersama. Selamat kepada seluruh wisudawan. Semoga ilmu yang sudah diperoleh berkah dan bermanfaat bagi dirinya sendiri dan seluruh umat. Amin. ( Qodri Azizi)

Posting Komentar

1 Komentar